AKB

E satu.com (Cirebon) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meresmikan pelayanan perpustakaan digital, Selasa, (15/12/2020). Pelayanan perpustakaan digital diberikan untuk mempermudah anggota perpustakaan dalam peminjaman buku dan meminimalisir kontak fisik guna mencegah penularan Covid-19.

Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati mengatakan pelayanan perpustakaan digital merupakan inovasi yang sangat dibutuhkan masyarakat di masa pandemi yang hendak meminjam buku dari perpustakaan.

“Masyarakat yang sudah jadi anggota perpustakaan tinggal order buku yang hendak dipinjam lalu datang untuk mengambil bukunya,” katanya usai acara launching Pelayanan Perpustakaan Digital & Wakaf Literasi Sehati, Selasa (15/12/2020).

Eti mengungkapkan dengan pelayanan digital ini diharapkan masyarakat tetap bisa mengakses buku di perpustakaan setelah beberapa waktu perpustakaan tidak memberikan akses untuk baca di tempat. “Kami sangat apresiasi terhadap program ini dengan harapan program literasi tetap berjalan di masa pandemi,” ujarnya.

Terkait Wakaf Literasi Sehati, Eti menambah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon bekerjasama dengan Baznas Kota Cirebon dalam menyalurkan wakaf berupa buku bacaan dan Al-Qur’an untuk di kelurahan dan masjid. “Semoga bisa dikelola dengan baik dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” tambahnya.

Pada saat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Drs. H. Jaja Sulaiman M. Pd., menuturkan Perpustakaan 400 yang dikelola Pemda Kota Cirebon rata-rata kunjung per hari sebelum Pandemi 400-600 pengunjung. “Adanya pelayanan digital diharapkan bisa mendorong peminjaman buku dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” pungkasnya. ( Naim)

Post A Comment:

0 comments: