E satu.com (Cirebon) - 
Dalam penggunaan Alat pelindung diri Masker dan Kebersihan tangan, menjadi sangat penting pada pandemi virus corona jenis covid19. Pasalnya, sekitar 98 persen penyebaran penyakit datang dari bagian tubuh tersebut. Virus Corona jenis covid19 yang menyebar baik lewat cipratan air liur maupun dengan sentuhan tangan mengakibatkan gangguan pernapasan. Virus ini bisa masuk melalui area segitiga wajah, seperti mata, hidung, dan mulut adalah bagian yang mudah tersentuh tangan, disadari maupun tidak sadari.

Itulah mengapa, menggunakan masker wajah dalam berinterkasi, dan mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh atau bersalaman dengan orang lain, sangat penting.

Komandan Brimob Jabar Kombes Pol Yuri Karsono S.I.K, melalui via telpon memerintahkan kepada jajarannya di kesatuan Batalyon C Pelopor, untuk terus melaksanakan Patroli Dialogis disamping mencegah terjadinya konflik sosial berupa gangguan kamtibmas juga terus menghimbau dengan memberikan edukasi protokol kesehatan cara pencegahan terinfeksi virus covid19 yang semakin meluas terhadap seluruh lapisan masyarakat baik dari tingkat anak - anak , orang dewasa, hingga pada lansia diberbagai kegiatan aktifitasnya pada instansi maupun individu.

Seperti yang dilaksanakan Oleh anggota Brimob Polda Jabar Aipda Dedi Sukardi, yang berdinas pada Kesatuan kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar,  wujud "Bakti Brimob" pada Masyarakat dalam tugas melaksanakan patroli dialogisnya, memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan terhadap Anak - anak usia dini yang di jumpai sedang beraktifitas bermain di lingkungan tempat tinggalnya di Wilayah Desa Talun Kabupaten Cirebon. Aipda Dedi Sukardi berdialogis pada Anak - anak tersebut mengajak untuk wajib menggunakan masker, dan selalu mencuci tangan dengan sabun antiseptik pada air mengalir baik sebelum maupun selesai beraktifitas.

Aipda Dedi Sukardi dalam edukasinya memberikan penjelasan kepada Anak - anak yang sedang berkumpul dan beraktifitas bahwa dalam mencuci tangan tidak cukup dengan air saja , hendaknya mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan pada air mengalir, hal ini harus sering dilakukan baik pada saat akan beraktifitas maupun selesai beraktifitas, sebab mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir efektif untuk membersihkan kuman, bakteri, dan virus.  "Ujarnya. 

Hanya, diduga masih banyak kurangnya kepedulian kita akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam aktifitas kita sehari - hari, dan juga belum sepenuhnya kita menyadari bahwa betapa pentingnya menggunakan masker sebagai alat pelindung diri utama dalam mencegah terinfeksi dari pandemi virus corona covid19 ini, atau bahkan masih banyak Orang yang mencuci tangan hanya dengan menggunakan air saja, padahal, mencuci tangan hanya menggunakan air tidak dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Itulah mengapa menggunakan masker sebagai alat pelindung diri utama dan mencuci tangan yang baik dan benar sebelum dan setelah menyentuh atau bersalaman dengan orang lain, sangatlah penting dan wajib kita lakukan, hanya dengan cara itulah yang lebih efektif agar kita terhindar dari risiko terinfeksi virus corona covod-19 dan sekaligus membantu pencegahan penyebaran virus covid19 untuk saat ini.

Diharapkan dengan kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya selalu menggunakan masker dalam melaksanakan aktifitas berinteraksi dengan Orang lain dapat menekan dari penyebaran virus desease corona covid19 yang sangat berbahaya," pungkasnya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: