AKB


E satu.com (Cirebon)
-  Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan beras kepada warga yang membutuhkan.

Penyaluran tersebut dilakukan secara simbolis Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag kepada perwakilan camat dan kuwu di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Jumat (30/7/2021).

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan bantuan ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial untuk masyarakat Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, ada 3.000 paket bantuan beras yang diberikan pemerintah pusat melalui Kemensos untuk warga Kabupaten Cirebon.

“Ini 3.000 paket bantuan beras berasal dari Kemensos untuk warga kabupaten Cirebon,” kata Imron.

Imron mengungkapkan, bilamana ada warga yang belum mendapatkan bantuan beras dari Kemensos dan tidak terdata dari Kemensos,  pihaknya akan membantu dengan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon.

“Total kan ada 39 ribu orang lebih tetapi bantuan hanya 3.000 orang saja yang mendapatkan dari Kemensos. Jadi, nanti kekurangannya akan dibantu Pemerintah Kabupaten Cirebon,” katanya.

Imron menjelaskan, untuk bantuan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Cirebon mencapai 245.648 orang dengan total beras mencapai 2.456.480 KG.

“Mereka merupakan penerima program PKH/BPNT 108.754 orang dan bantuan sosial tunai (BST) 136.894, dan penyaluran melalui kantor Pos Indonesia sebanyak 10 kg per/KPM nya,” katanya.

Selain itu, kata Imron ada juga untuk penerima manfaat non PKH, BPNT dan BST sebanyak 7.500 orang di Kabupaten Cirebon.

“Penyaluran melalui Dinas Sosial sebanyak 3.000 paket per paket 5 kg. Jadi total ada 15.000 paket beras. Sedangkan dari TNI yakni Kodim 0620 sebanyak 3.000 paket dan sama 5 kg perpaketnya jumlahnya 15.000 paket beras. Dan dari Polresta Cirebon ada 1.500 paket, perpaketnya 5 kg jumlahnya 7.500 paket yang akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Cirebon,” katanya.

Imron berharap, dengan adanya bantuan ini diharapkan kebutuhan masyarakat bisa terbantu, apalagi di masa pandemi ini.

Sementara itu, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Gunarsa SE, mengatakan, Dinas Sosial mempunyai kuota sebanyak 39.384 orang diluar Non program PKH, BPNT, dan BST.

“Berarti kuota kita telah diambil paket dari Kemensos sebanyak 3.000, dan untuk TNI yakni Kodim 0620 ada 3.000, serta oleh Polri 1.500 jadi total sudah 7.500 paket untuk war

ga Non Program. Artinya, sisanya nanti kita ajukan kembali ke Pemerintah Kabupaten Cirebon,” katanya.

Gunarsa menjelaskan, ada sejumlah instansi yang siap membantu Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam hal bantuan untuk Non Program.

“Secara lisan Cipali, BJB sudah siap membantu. Tetapi untuk jumlahnya kami belum mengetahui. Nanti kalau sudah ada rinciannya kita jumlahkan kembali total bantuan yang sudah terkumpul untuk warga Non Program berapa sisanya nanti akan ditutup oleh bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon. Tadi yang pak Bupati Imron bilang begitu,” katanya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: