AKB


E satu.com (Indramayu)
- Tanggal 1 Juli merupakan momentum yang sangat istimewa bagi institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Bukan hanya institusi Polri saja yang memperingati Hari Bhayangkara tersebut, masyarakat juga turut merayakan Hari Bhayangkara sebagai bentuk kecintaan kepada anggota Polri yang telah memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.   

Sebagaimana diketahui, istilah Bhayangkara berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya pasukan elite pada masa Majapahit yang bertugas mengawal raja. Selain bertugas mengawal raja, pasukan Bhayangkara juga mengemban amanat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. 

Cikal bakal terbentuknya Polri sudah ada sejak zaman penjajahan Belandan dan era Pendudukan Jepang. Dua hari setelah Indonesia Merdeka (19/08/1945), Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia membentuk Badan Kepolisisan Negara (BKN). 

Pada tanggal 1 Juli 1946, diterbitkanlah Ketetapan Pemerintah Tahun 1946 No. 11/S.D. yang menyatakan bahwa Djawatan Kepolisian Negara bertanggungjawab langsung kepada Perdana Menteri. Berdasarkan ketetapan tersebut, maka setiap1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara dengan mengadopsi istilah Bhayangkara pada era Majapahit.  

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak, perayaan atau HUT ke-75 Polri kali ini dilakukan secara virtual.  Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Polri yang telah bekerja keras dalam menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air, Kamis (1/07/21) di Istana Negara. 

Mengusung tema 'Transformasi Polri yang Presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju', Presiden Jokowi meminta Polri untuk bersinergi dengan jajaran TNI, tenaga kesehatan, pemerintah daerah, serta relawan dan aparat pendukung lainnya dalam menangani pandemi Covid-19. 

Di tempat terpisah, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar seusai mengikuti upacara melalui video teleconference menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara kepada institusi Polri. Sambil memberikan salam Presisi, Orang nomor satu Indramayu itu berharap, Polri semakin kuat dan sehat. 

“Semoga transformasi Polri yang presisi terus mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan ekonomi nasional dan maju. Polri semakin kuat dan sehat. Terus melayani rakyat dan semakin dicintai, serta disayangi rakyat Indonesia Kamtibmas kondusif masyarakat makin produktif menuju Indramayu Bermartabat,” ucap Bupati Nina yang juga Keluarga Besar Korps Kepolisian Republik Indonesia.

Peringatan Hari Bhayangkara juga dilakukan oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu. Dalam pantauan Tim Publikasi Diskominfo, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam)  dengan khidmat mengikuti upacara yang dilakukan secara virtual tersebut.(iwan)

Post A Comment:

0 comments: