AKB


E satu.com (Cirebon)
- Sekertariat 2 tersebut berada di Komplek Gunung sembung Pemakaman Sunan Gunung Jati, Desa Astana Kabupaten Cirebon dan diresmikan langsung oleh Patih Kasultanan Kanoman Cirebon Pangeran Patih Raja Muhammad Qoridan, pertemuanya dengan Awak Media E satu.com, minggu (5/9/21).

Mempererat silaturahmi antar Keluarga Kasultanan Cirebon, Kasultanan Kanoman mendirikan sekretariat 2 Kasultanan Keraton Kanoman Cirebon.

Hadir dalam peresmian tersebut seluruh Famili atau Keluarga Kasultanan Cirebon yakni Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan termasuk para sesepuh dan keluarga besar Mertasinga Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung jati Kabupaten Cirebon.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng, penandatanganan papan nama oleh Patih Kasultanan Kanoman Cirebon Pangeran Patih Raja Muhammad Qoridan dan diakhiri doa bersama, ujarnya


Patih Kasultanan Kanoman Cirebon Pangeran Patih Raja Muhammad Qoridan Wawancaranya dengan  Awak Media E satu.com mengatakan, pendirian sekretariat tersebut bertujuan sebagai upaya menjaga marwah dan kerukunan diantara keluarga kasultanan Cirebon," ungkapnya.

Menurut Patih Qodiran, sekretariat itu juga sebagai bagian dari upaya menata kembali kegiatan yang ada di Komplek Pemakaman Sunan Gunung jati, tegasnya.

Fungsinya untuk rembuk kumpulan membahas solusi titik temu menertibkan kondisi yang belum lurus untuk diluruskan. Bukan hanya itu sekre ini juga untuk membuat kekuatan menjaga marwah keturunan Sunan Gunung Jati, katanya.


"Seperti pengangkatan perangkat adat yang ada di Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati. Termasuk ziarah dan penataan makam, pemeliharaan dan lainnya. Kalau ada keluarga yang ingin dimakamkan di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati ini, tetap izinnya dari Kasultanan Keraton Kanoman," pungkasnya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: