BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang


E satu.com (Cirebon)
- Perkembangan teknologi saat ini sudah memasuki era industri 4.0.Artinya, kegiatan produksi sebagian besar sudah menggunakan teknologi yang semakin pintar dan smart.

Begitupun yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan desa, mau tidak mau, seiring dengan perkembangan zaman, pengelolaan layanannya harus digitalisasi.
 
Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, S.STP. M.Si, dalam acara Peresmian Digitalisasi Layanan Publik yang digelar di aula desa Kalikoa, Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, rabu (27/4/22 ) pada awak media serta tim Diskominfo dan tim Humas Kabuparen Cirebon.


Menghadapi situasi seperti ini, pemerintahan tidak boleh kalah cepat oleh karena itu harus secepatnya menerapkan konsep teknologi sesuai dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 yang Isinya tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, sehingga Pemkab sudah harus menggunakan teknologi dalam melayani kebutuhan masyarakat, tegasnya.
 
” Ini sudah diatur oleh Peraturan Presiden jadi kalau sistem pemerintahannya sudah berbasis elektronik, berarti semua pemerintahan termasuk desa, ya sudah harus berbasis elektronik ” jelas Nanan Abdul Manan.

Saya menilai, relevansi itu selaras dengan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 yang secara umum disebutkan, bahwa desa didorong untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya sehingga mampu mendorong supaya setiap desa dengan masyarakatnya yang sejahtera, ungkapnya.

Sesuai dengan inovasi masing-masing desa ” jadi kalau ingin maju di era industri 4.0 yang berbasis teknologi ini, maka perlu dilakukan digitalisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa ” tutup Kadis Kominfo Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan.


Sementara itu Kuwu Desa Kalikoa Misbakh Fauzi, menerangkan bahwa proses digitalisasi mau tidak mau akan menjadi keharusan, termasuk penyelenggaraan dalam pemerintahan desa, justru dengan adanya digitalisasi, pekerjaan akan tertata dengan rapi. Disamping itu, potensi desa akan terangkat dengan cepat, terangnya.

” Saya sebagai Kuwu desa Kalikoa berharap dan meminta agar Diskominfo Kabupaten Cirebon bisa menjadi mentor di desa kami ini dalam pola digitalisasi ” pungkasnya.(wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top