E satu.com (Cirebon)
- Pemerintah Desa Kalisapu memasang Baliho Anggaran Pendapatan Belanja Desa/ APBDES di depan aula kantor Desa Kalisapu sebagai bentuk transparansi informasi publik kepada masyarakat wilayah desa kalisapu, kecamatan gunung jati kabupaten Cirebon, Kamis (30/6/22).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Baliho dengan ukuran 3x5 sudah terpasang didepan kantor Desa Kalisapu. Dalam Baliho tersebut, terlihat info grafik APBDes secara rinci mulai dari Pendapatan Bantuan Keuangan dari APBD Kabupaten Cirebon, Dana Desa (DD), bagi hasil pajak dan retribusi Alokasi Dana Desa, Bantuan Keuangan Provinsi Jawa barat.

Kuwu Suhana desa kalisapu, melalui sekretaris desa (Sekdes) Ferry menjelaskan, pemasangan baliho tersebut bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui segala pengalokasian, penggunaan hingga rincian anggaran kegiatan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa (Pemdes) secara jujur dan transparan" ucapnya.

Dari pembelanjaannya meliputi Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak," ujarnya


Ferry meminta kepada BPD dan Lembaga desa lainnya seperti Karang Taruna, LPMD, PKK dan Tokoh masyarakat sebagainya untuk membantu mengawasi APBDes sebagai control sosial masyarakat.

" Baliho dipasang " dibuatkan baliho APBDes Tahun 2022 ukuran besar supaya masyarakat tahu tentang anggaran yang akan digunakan sehingga masyarakat bisa ikut memantau dan mengawasi secara langsung," jelasnya.(wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top