agustusan


E satu.com (Cirebon) - Puskesmas Karangsari pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022, kamis (4/8/2022).

Kuwu desa Tegalwangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon Iskandar didampingi bhabinkamtibmas Bripka Andi Sucitna, dan Babinsa serta berbagai pihak, unsur dan elemen lainnya melakukan monitoring pelaksanaan BIAN tahun 2022 di posyandu Tunas Wangi Blok Kepu desa Tegalwangi.

Dalam pertemuannya dengan Awak Media, disela sela kegiatan monitoring BIAN tahun 2022 Kuwu desa Tegalwangi Iskandar menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas stakeholder termasuk bidang layanan kesehatan salah satunya di kegiatan Bulan Imunisasi Anak (BIAN) tahun 2022 " Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi covid-19 oleh karena itu kami pemerintah desa Tegalwangi siap sukseskan kebijakan nasional ini " tegasnya.

Manfaat BIAN dapat mencegah kesakitan dan kecacatan akibat campak, rubela,polio, difteri, pertusis (batuk rejan), Hepatitis B, Pneumonia (radang paru) dan Meningitis ( radang selaput otak) " sasaran imunitas tambahan campak, rubela diberikan untuk anak umur 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun sedangkan untuk melengkapi imunisasi polio dan DPT -  HB - Hib bagi anak umur 12 sampai dengan 59 bulan " ungkap Kuwu Iskandar.

Menurutnya, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk melindungi anak Indonesia termasuk anak atau balita didesa Tegalwangi dari penyakit penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi " BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan campak, rubela serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT - HB - Hib yang terlewat " terangnya.

Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan BIAN salah satunya yang sekarang dilaksanakan di posyandu Tunas Wangi Blok Kepu dapat meningkatkan partisipasi dari seluruh pihak, unsur dan elemen termasuk masyarakat atau ibu ibu khususnya yang memiliki balita untuk ikut terlibat dalam membantu peningkatan cakupan imunitas rutin dan imunitas kejar demi suksesnya pelaksanaan BIAN, harapnya.

" Mari kita sukseskan momentum BIAN karena imunisasi itu aman dan efektif dalam melindungi anak dari penyakit, agar anak kita menjadi anak yang sehat dan kuat " katanya.

Saya ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, unsur dan elemen termasuk pihak puskesmas Karangsari dengan para nakesnya, bhabinkamtibmas dan Babinsa " ucap Kuwu desa Tegalwangi.

Kegiatan BIAN ini salah satu upaya pemerintah termasuk dari puskesmas Karangsari untuk meningkatkan layanan dibidang kesehatan untuk masyarakat khususnya masyarakat diwilayah desa Tegalwangi, Alhamdulillah berjalan lancar dan terlihat masyarakat juga sangat antusias, pungkas Kuwu desa Tegalwangi Iskandar. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top