agustusan


E satu.com (Cirebon) - Tenaga Kesehatan Puskesmas Suranenggala pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, selasa ( 2/8/22 ) menggelar kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN ) tahun 2022 di tiga desa yaitu di desa Sura Kulon, desa Purwawinangun dan desa Karangreja

Kepala Puskesmas Suranenggala Surtinah, S.ST, yang didampingi Hj. Siti Zulzilah, SST, mengatakan pada Awak Media E Satu Com, bahwa Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN ) adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengoptimalkan cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi Covid -19 " In Syaah Allah kami dari puskesmas Suranenggala akan mensukseskan BIAN tahun 2022 ini dan saya berharap bisa mencapai target cakupan imunisasi dasar lengkap " katanya disela sela melakukan monitoring pelaksanaan BIAN tahun 2022 baik di posyandu Kisaat desa Karangreja, posyandu Nyimas Baduran desa Sura Kulon dan salah satu posyandu didesa Purwawinangun kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon.

Kegiatan BIAN ini bertujuan untuk menciptakan kekebalan serta mencegah penyakit campak dan penyakit lainnya " Bulan Imunisasai Anak Nasional ( BIAN ) untuk melindungi anak Indonesia termasuk anak atau balita didesa desa yang ada dilingkungan wilayah kerja puskesmas Suranenggala dari penyakit penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan campak, rubela serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT - HB - Hib yang terlewat " tegasnya.

" Sasaran imunitas tambahan campak, rubela diberikan untuk anak umur 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun sedangkan untuk melengkapi imunisasi polio dan DPT - HB - Hib bagi anak umur 12 sampai dengan 59 bulan " ungkap Surtinah.

Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan BIAN salah satunya yang sekarang dilaksanakan diposyandu posyandu dapat meningkatkan partisipasi dari seluruh pihak, unsur dan elemen termasuk masyarakat atau ibu - ibu khususnya yang memiliki balita untuk ikut terlibat dalam membantu peningkatan cakupan imunitas rutin dan imunitas kejar demi suksesnya pelaksanaan BIAN, harapnya.

Kegiatan BIAN ini salah satu upaya pemerintah termasuk dari puskesmas Suranenggala untuk meningkatkan layanan dibidang kesehatan " saya berharap seluruh masyarakat yang mempunyai anak balita  berperan aktif dalam ikut serta mensukseskan BIAN agar seluruh balita menjadi sehat " ucapnya.

Pemberian imunisasi pada anak sangat penting guna perlundungan dari Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi ( PD3I ) misalnya campak, rubella, polio, difteri dan yang lainnya " untuk hari ini hasil dari pelaksanaan BIAN adalah posyandu Kisaat desa Karangreja jumlah sasaran 67, jumlah yang datang 67, 100 % terimunisasi, lalu didesa Sura Kulon diposyandu Nyimas Baduran, jumlah sasaran 82, yang datang 80 dan yang tidak diimunisasi 2 serta sasaran vaksinasi 62 yang divaksin 30 kemudian disalah satu posyandu yang ada didesa Purwawinangun BPB 105 orang, pindah 9, yang datang 96, untuk sasaran BIAN 83, skrining 83 yang diimunisasi 52, tertunda sakit 11 dan yang belum siap 20 " terangnya.

Alhamdulillah berjalan lancar dan terlihat masyarakat sangat antusias " ini berkat sinergitas bersama pihak pemerintah kecamatan Suranenggala dan pemerintah desa serta berbagai pihak, unsur dan elemen lainnya, ini akan terus kita bangun agar masyarakat memahami pentingnya imunisasi anak " pungkas Kepala puskesmas Suranenggala Surtinah yang masih didampingi Hj. Siti Zulzilah.

Turut hadir dalam kegiatan BIAN dihari ke dua puskesmas Suranenggala, Sekmat Suranenggala H. Rodiya, pihak pemerintah desa, bhabinkamtibmas, babinsa, bidan desa termasuk kader posyandu dan yang lainnya. ( wnd )
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top