AKB


E satu.com (Indramayu) -
  Sajian budaya yang disuguhkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu memukau perhatian masyarakat. Kirab dan Karnaval Budaya 2022 tersaji sepanjang Jalan DI. Panjaitan hingga Jalan Jendral Ahmad Yani atau tepatnya di depan Pasar Mambo Indramayu, Kamis (13/10/2022).

Kirab dan Karnaval Budaya perayaan Hari Jadi Kabupaten ke-495 Indramayu ini dilepas Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar didampingi Sekda Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo, Wakil Ketua DPRD Indramayu, Wakapolres Indramayu, Kepala Kejari Indramayu, Ketua PN Indramayu, Kepala Lapas II B Indramayu dan ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-495 Ady Setiawan.

Tampak mendampingi pula Ketua Pengadilan Agama Indramayu, Dan Subdenpom Indramayu, Group Head Consumer and Retail Retail 3 Bjb, Pimpinan Bjb Cabang Indramayu, para Asisten, Staf Ahli, kepala perangkat daerah Indramayu dan Pimpinan BUMD.

Dalam Kirab dan Karnaval Budaya perayaan Hari Jadi ke-495 Kabupaten Indramayu ini juga turut dihadiri Trah Raden Arya Wiralodra, Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kanoman Cirebon, dan Keraton Kacirebonan.

Pertunjukan budaya yang dikemas dalam kirab dan karnaval budaya tersebut merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-495 Kabupaten Indramayu.

Kirab dan Karnaval budaya tersebut menampilkan berbagai kesenian, kebudayaan, serta kearifan lokal. Berbagai adat budaya baik itu dari Indramayu sendiri maupun dari seluruh Indonesia ditampilkan.

Selain Tari Topeng Kelana, Gadis Ngarot, Sintren, Seni Berokan, yang berasal dari Indramayu, terdapat pula iring-iringan Kereta Kencana Kerajaan-kerajaan di wilayah Ciayumajakuning, penampilan Budaya Batak, Budaya Minang, Budaya Dayak dan lain sebagainya.

Dalam sambutannya Bupati Nina Agustina mengatakan, pemerintah daerah terus berkomitmen menyelenggarakan program-program pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat, serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indramayu khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indramayu semakin menggeliat.

“Dengan digelarnya kegiatan ini semoga semua masyarakat senang dan saya akan terus berjuang untuk Indramayu menuju Indramayu Bermartabat. Semoga perekonomian Indramayu kembali bangkit, khususnya pelaku UMKM kembali bergerak,” katanya.

Bupati Nina menambahkan, dirinya meminta partisipasi aktif positif dari masyarakat terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh perangkat daerah, melalui salah satu program unggulan Pemkab Indramayu yaitu Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta).

Disampaikan Bupati Nina Agustina, masyarakat dapat memberikan aduan, keluhan ataupun permohonan informasi kepada perangkat daerah di lingkungan Pemkab Indramayu sehingga perangkat daerah terkait dapat memberikan respon secara tepat.

“Bila masyarakat memiliki keluhan terhadap layanan yang diberikan perangkat daerah, silahkan laporkan melalui I-Ceta,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan karnaval dan kirab budaya dalam rangkaian Hari Jadi ke-495 Kabupaten Indramayu ini juga merupakan sarana untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya serta kesenian dari masing-masing kecamatan termasuk potensi unggulan Indramayu kepada masyarakat luas.

Bupati Nina Agustina berharap Kirab dan Karnaval Budaya ini bisa menjadi agenda nasional yang dapat menarik pengunjung dari luar daerah sekaligus memperkenalkan budaya dan pariwisata Indramayu semakin dikenal.

Sementara itu, ketua panitia hari jadi Indramayu Ady Setiawan mengatakan, dalam karnaval budaya ini partisipasi masyarakat begitu aktif dalam berbagai aspek salah satunya melalui budaya dapat yang memberikan kebahagiaan dan kemudahan bagi bangsa.

Sehingga diharapkan Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Indramayu Ady Setiawan, melalui kegiatan ini, partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan khususnya dalam melestarikan seni budaya warisan leluhur dahulu dapat semakin meningkat dan terus digaungkan.

“Saya mengutip salah satu ungkapan dari pahlawan pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara bahwa suatu kemudahan bagi bangsa dan suatu kebahagian bagi bangsa diliputi, diawali dengan suatu budaya,” katanya. (iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top