AKB


E satu.com (Majalengka) - Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi menghadiri Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan Ke III Periode Bulan September  2022 KPUD Kabupaten Majalengka yang bertempat di Aula Kantor KPUD Majalengka Jalan Gerakan Koperasi No 18 Majalengka, Jumat (30/9/2022) sore.

Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan III Periode bulan September 2022 ini daam rangka pembaharuan update data daftar pemilih dalam rangka persiapan Pemilu pada Tahun 2024, Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Majalengka Agus Syuhada.

Turut hadir dalam rapat tersebut Ketua KPUD Majalengka Agus Syuhada, Perwakilan Bawaslu Majalengka Dede Sukmayadi, Pasi Intel Kodim Kapten Inf Baderi, Sekretaris KPUD Majalengka M Hasan Syukur, Kepala Disdukcapil Majalengka H. Fery, Bakesbangpol Majalengka diwakili oleh Momo Effendi, Perwakilan Lapas Kelas IIB Heryana, Jajaran Komisioner KPU Majalengka, Perwakilan atau LO Partai Politik Peserta Pemilu dan Perwakilan Kecamatan Secara Virtual.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPUD Majalengka Agus Syuhada menyampaikan sekaligus pembukaan rakor daftar pemilih berkelanjutan, dalam kegiatan rapat koordinasi di triwulan ke III periode September 2022 yang pertama mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari semua pihak yang terus ikut berpartisipasi memperbaharui Daftar pemilih.

"Pada bulan Oktober pemutahiran data pemilih akan digunakan basis tekhnologi sehingga pemutahiran data bisa lebih maksimal," tuturnya.


Untuk LO partai politik KPUD Majalengka berharap bisa hadir untuk mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan oleh KPUD supaya tidak ada salah komunikasi.

"Jadwal proses tahapan pemilu sudah semakin padat sehingga kami harapkan setiap Program kegiatan harus bisa di manajemen supaya bisa dilaksanakan secara maksimal," ujarnya.

Pemutahiran data saat ini kita dapatkan dari berbagai sumber, sehingga bisa terus mengupdate secara berjenjang namun masih belum bisa secara maksimal untuk pemilih pemula dan KPUD akan tetap berusaha untuk memperbaiki nya.

"Tantangan kita dalam melakukan data pemutahiran pemilih adalah belum bisa akuratnya data yang ada bagi pemilih pemula," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu di sampaikan dalam pemutahiran pemilih, dan untuk data penduduk ini memang harus sangat akurat dan harus bisa update data terutama yang meninggal kita mengambil pelajaran semenjak pandemi Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi.

"Selain itu, kita juga harus bisa melihat warga Kabupaten Majalengka yang berada di luar kabupaten Majalengka, dan itu harus bisa kit update secara berkala," ucapnya.

Kondisi hak setiap warga negara dalam pemilihan yang demokratis dan  harus bisa dilayani oleh penyelenggara pemilu.

"Kami sangat mendukung segala upaya dari yang dilakukan oleh KPU dalam rangka memberikan pelayanan dan perlindungan hak pemilih suara masyarakat," tambah Kapolres.

"Masukan, kritik dan saran dari peserta pemilu maupun dari masyarakat umum harus betul betul kita jadikan masukan, terutama untuk KPU demi menjaga transparansi pelaksanaan Pemilu," ungkapnya.

Seluruh anggota Polres Majalengka juga kemarin sudah saya perintahkan untuk mengecek NIK nya di aplikasi SiPol, dengan tujuan agar tidak ada anggota Polri yang masuk dalam DPT hal tersebut bertujuan untuk menjaga netralitas.


"Kami Polri akan bersikap netral dan harus kita ciptakan transparansi dalam pelaksanaan Pemilu sehingga masyarakat Majalengka khususnya percaya terhadap lembaga penyelenggara Pemilu baik KPU, Bawaslu dan TNI Polri," katanya lagi.

Siapapun partai pemenang pemilu, siapapun kepala daerah yang terpilih siapapun presiden yang terpilih maka kita tetap Indonesia, kita tetap NKRI.

"Jangan sampai setelah atau pasca pelaksanaan pemilu kita menjadi ter kotak kotak karena beda dukungan, dan kami dari Polres Majalengka berupaya semaksimal mungkin akan mengawal seluruh rangkaian pelaksanaan Pemilu tahun 2024 sehingga situasi Kamtibmas akan tetap terjaga dalam keadaan aman dan kondusif," tegas AKBP Edwin Affandi. (Heri)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top