BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)
- Banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Cirebon pada Selasa (25/10/2022) sore hingga malam diantaranya dipicu curah hujan tinggi dengan durasi cukup lama.

Ketika banjir melanda, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., melakukan peninjauan langsung ke beberapa titik. Salah satunya di Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

“Malam itu juga saya meninjau langsung ke lokasi. Salah satunya di Kelurahan Pekiringan,” ungkap Azis usai menghadiri penyerahan penghargaan kepada PNS yang akan purnabakti tahun 2023, Kamis (27/10/2022), di Hotel Prima.

Di lokasi peninjauan, Azis langsung berkoordinasi dengan lurah, camat, hingga kepala BPBD Kota Cirebon guna memastikan penanganan yang dilakukan cepat dan tepat. Diantaranya melakukan evakuasi warga terdampak.

“Terutama saat itu adalah ibu-ibu, anak-anak, hingga warga lansia, yang rumahnya terendam banjir. Ini upaya penyelamatan yang penting dilakukan,” tuturnya.

Selain itu, Azis menyebutkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan banjir. Bahkan sejak jauh-jauh hari sebelum musim hujan tiba. Secara teknis, upaya itu dilakukan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR).

“Kita tidak bisa mengesampingkan kerja keras dari jajaran DPUTR dalam mengantisipasi banjir. Seperti, melakukan normalisasi sungai dan drainase maupun langkah-langkah lainnya,” tutur Azis.

Namun demikian, Azis juga tidak menutup mata atas terjadinya banjir pada Selasa malam lalu. Dengan curah hujan tinggi dan durasi yang cukup lama, membuat aliran di sungai maupun drainase meluap.

“Meskipun memang setelah hujan mereda, luapan airnya surut dengan waktu yang tidak lama,” katanya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan upaya perbaikan guna menekan potensi banjir akan terus dilakukan. Bahkan pada keesokan hari setelah banjir atau Rabu (26/10/2022), DPUTR juga langsung turun ke beberapa titik.

“Kami berkomitmen untuk melakukan perbaikan, sebagai upaya untuk mengurangi potensi banjir di beberapa titik,” kata Azis.

Di sisi lain, Azis secara terbuka menyampaikan, pihaknya memohon maaf kepada warga Kota Cirebon maupun warga luar kota yang beraktivitas di Kota Cirebon dan terdampak banjir.

“Kami menerima atas saran maupun kritik. Kami juga memohon maaf kepada warga yang ada di Kota Cirebon dan terdampak banjir kemarin (Selasa, red),” katanya. (wnd)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top