AKB


E satu.com (Cirebon) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon memberikan bantuan kepada Penerima Manfaat bantuan rutilahu, musholla, DTA, Ponpes dan stimulan biaya pendidikan bagi mahasiswa S1. Penyerahan bantuan berlangsung di Pendopo Bupati Cirebon, Sabtu (19/11/22).

Keberadaan Baznas disebut ikut membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami masyarakat. Sebanyak 35 Penerima bantuan telah disalurkan kepada yang berhak.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag, menjelaskan, banyak ajuan bantuan dari warga kepada dirinya selama persalinan. Dirinya sudah tidak ada lagi dana taktis yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan ajuan yang diserahkan.

Ajuan yang diminta warga tidak bisa langsung dipenuhi, karena harus mengikuti pola penganggaran pemerintah. Karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah, maka bantuan yang diberikan tidak bisa maksimal " tegasnya.


" Contoh rutilahu, di kabupaten Cirebon ada sekitar 10 ribuan rumah tidak layak huni, tetapi kemampuan anggaran daerah setiap tahun hanya 700 unit. Kami membutuhkan campur tangan pihak lain seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini yang bisa ikut membantu masyarakatnya " ucap Imron.

Baznas ini ada pemeriksaan audit, sehingga tidak bisa seenaknya memberikan bantuan. Masyarakat harus tetap sabar dan mengikuti prosedur. Saya juga meminta kepada masyarakat, apabila punya kerabat, rekan yang memiliki rezeki lebih untuk bisa bersama - sama memberikan bantuan melalui infak dan sodakoh.

Kerja sama dengan Baznas, bisa meringankan kesulitan masyarakat yang bersifat ringan dan mendesak. Akan tetapi, juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi prosedur yang ada " pungkas Imron.

Sementara itu di tempat yang sama Wakil Ketua  Baznas Kabupaten Cirebon, H.M. Sirojudin mengatakan, selama ini Baznas hanya mengandalkan anggaran yang berasal dari zakat ASN. Oleh karena itu, dirinya juga berharap masyarakat bisa ikut serta menyerahkan infaq dan shodaqoh kepada permintaan.

" Jujur, pengajuan banyak dari masyarakat, tetapi mohon maaf kami belum bisa memberikan semuanya, karena keterbatasan yang kami miliki. Silahkan bagi masyarakat yang ingin menyerahkan infaq dan shodaqoh, kami siap menyalurkannya " ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua Baznas Sirojudin merasa terima kasih kepada Bupati Cirebon, karena sudah maksimal menyokong Baznas " Kita terus berupaya agar Baznas bisa bermanfaat bagi masyarakat " pungkasnya. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top