AKB



E satu.com (Cirebon) -
Peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan. Termasuk membangun kesadaran kolektif pentingnya nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77, Kamis (10/11/2022) di halaman Balaikota Cirebon. 

“Di tanggal ini, 77 tahun yang lalu, rakyat Indonesia dari berbagai latar belakang bersatu untuk melawan penjajahan bangsa asing dalam sebuah pertempuran heroik di Surabaya,” kata Agus.

Peringatan Hari Pahlawan yang tahun ini yang mengambil tema ‘Pahlawanku, Teladanku’, menurut Agus, merupakan momentum yang tepat untuk membangun ingatan kolektif  dan kesadaran masyarakat terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. 

“Yaitu perjuangan mereka untuk membebaskan negeri ini dari penjajahan,” ujarnya. Nilai-nilai luhur kepahlawanan itulah yang hendaknya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Pada kesempatan itu, Sekda juga membacakan langsung sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, yang mengajak agar di setiap peringatan Hari Pahlawan dapat diikuti dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kala itu, dengan persenjataan yang seadanya, para pahlawan tidak gentar, bergerak serempak, menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dan memiliki persenjataan terbaik,” katanya.

Namun pada masa itu seluruh elemen masyarakat bergandengan tangan, melebur menjadi satu dalam pekikan “Merdeka atau Mati”. Mereka sepenuhnya yakin dan percaya bahwa masa depan bangsa ini sangat layak diperjuangkan hingga tetes darah penghabisan. Semangat juang yang sama hendaknya dilanjutkan di masa ini.


Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu, membantu sesama, membangun bangsa tanpa memandang perbedaan. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top