BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)
- Pemerintah Desa (Pemdes) Keraton Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon menggelar pentas seni pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, pengajian, tahlil, doa bersama dikantor desa dan di Makam Nyi Mas Arum Sari serta berbagai kegiatan lainnya, minggu (20/11/22)

Acara sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas rejeki melalui kekayaan bumi dan hasil bumi serta ngunjung buyut Nyi mas Arum Sari yang merupakan tradisi adat desa keraton turun temurun yang dilestarikan dan dipertahankan serta dilaksanakan setiap tahun.

Pantauan Awak Media E satu.com dilokasi terlihat antusias masyarakat desa Keraton mengikuti acara adat sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari.

Acara adat sedekah bumi dan Nyi Mas Arum Sari dipimpin langsung kuwu desa keraton Muali didampingi para perangkat desa, BPD, Lembaga desa, rt, rw, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kuwu desa Keraton yang juga Ketua FKKC Kabupaten Cirebon Muali kepada Awak Media E satu.com, menjelaskan, untuk lebih memeriahkan acara sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari, Pemdes Keraton menggelar sejumlah kegiatan " Alhamdulillah, saya sebagai kuwu desa keraton sangat bersyukur kepada Allah SWT dan bangga sebab perangkat desa maupun berbagai pihak, unsur dan elemen serta masyarakat wilayah desa Keraton sangat antusias mengikuti kegiatan acara sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari, jelas ini adalah bukti kuatnya persatuan dan kesatuan di desa Keraton" katanya.

Saya sebagai Kuwu desa Keraton berharap kegiatan sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari yang merupakan tradisi adat desa turun temurun terus dilestarikan khususnya oleh para generasi penerus dan dilaksanakan setiap tahun " acara sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan serta semakin kuatnya tali silaturahmi dan persaudaraan " ucap Kuwu Muali.


Mudah mudahan acara sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari desa Keraton terus bisa dilakukan dan juga bisa membawa manfaat bagi masyarakat desa Keraton " tetap jaga dan pertahankan kekompakan serta kebersamaan, semoga dengan semangat kekompakkan dan kebersamaan yang sudah terjalin di desa Keraton dapat menjadikan desa Keraton lebih maju dan masyarakatnya sejahtera serta penuh keberkahan " ungkapnya.

Sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari harus jadi momentum ucapan rasa syukur pada Allah SWT, saya mengucapkan terima kasih kepada BPD, Lembaga desa, perangkat desa, berbagai pihak, unsur dan elemen serta masyarakat wilayah desa Keraton atas kehadirannya di kegiatan sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari desa Keraton " semoga kita semua tetap sehat serta mendapat perlindungan, keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT  " tegas Kuwu Muali.


Kita harus bersyukur atas segala karunia dan rejeki yang diberikan Allah SWT, adat tradisi desa salah satunya sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari mempunyai nilai akan pesan moral kehidupan bagi manusia " dengan berkumpul melalui acara sedekah bumi dan Ngunjung Buyut Nyi Mas Arum Sari dapat meningkatkan silaturahmi dan menjaga Ukhuwah Islamiyah " pungkas Kuwu Muali. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top