AKB

cukai

cukai juga



E satu.com (Cirebon)
- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan kelompok ZChicken Kota dan Kabupaten Cirebon serta pelatihan pembuatan fried chicken, sebagai upaya meningkatkan perekonomian mustahik. 

Peluncuran ini merupakan rangkaian dari program bantuan usaha 1.000 ZChicken untuk dikelola para mustahik di pulau Jawa. Sebelumnya, program ini telah terlebih dahulu diluncurkan di Jawa Tengah pada 7 Februari 2022 lalu. 

Diawali dengan pelatihan pembuatan ZChicken kepada 25 penerima manfaat, acara peluncuran kali ini digelar di Kantor BAZNAS Kabupaten Cirebon, Kamis (8/12/2022). Turut hadir Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag, Plt Direktur Pendayagunaan, Layanan UPZ dan CSR BAZNAS RI Eka Budhi Sulistyo, Wakil Ketua II BAZNAS provinsi Jawa Barat, Ketua BAZNAS Kota Cirebon dan Ketua BAZNAS Kabupaten Cirebon. 


"ZChicken telah dicanangkan sebagai program nasional BAZNAS yang akan diduplikasi di seluruh BAZNAS provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia, termasuk kali ini di Cirebon," ujar Plt Direktur Pendayagunaan, Layanan UPZ dan CSR BAZNAS RI Eka Budhi Sulistyo.

Menurutnya, ZChicken merupakan salah satu dari banyaknya program BAZNAS yang digulirkan untuk membantu proses transformasi mustahik menjadi muzaki.

"Program ini juga menjadi komitmen BAZNAS dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan umat. Selain itu juga, menjadi pertanggungjawaban BAZNAS dalam mengelola dana yang disalurkan muzaki agar dapat tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya langsung oleh mustahik," jelasnya. 

Secara terpisah, Pimpinan BAZNAS RI menyampaikan, pelatihan ZChicken intensif terus dilakukan BAZNAS kepada para penerima manfaat. Jadi, BAZNAS tak hanya memberikan modal usaha, namun juga memberi pelatihan dan pemahaman secara berkala, agar usaha para mustahik dapat terus berkembang dan mandiri secara ekonomi. 


Saidah menambahkan, pelatihan yang diberikan, yaitu pelatihan manajemen usaha dan pelatihan teknik pembuatan ayam krispi kepada para mustahik tersebut. Sedangkan, modal usaha yang diberikan kepada mustahik, antara lain dalam bentuk pembuatan gerobak usaha, peralatan memasak, bahan baku usaha, hingga branding pendukung usaha. 

Saidah berharap, adanya peluncuran kelompok Zchicken Kota dan Kabupaten Cirebon ini mampu memberikan pemahaman tentang konsep program usaha ZChicken, sehingga menghasilkan pelaku UMKM yang ahli dalam membuat olahan ayam krispi. 

"Terima kasih banyak kepada donatur yang telah mempercayakan dan bersama BAZNAS untuk membantu mengangkat perekonomian mustahik. Kami juga berharap, mustahik yang menerima bantuan dapat memegang amanah dengan baik demi kemajuan usahanya di masa depan," kata Saidah. 

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan BAZNAS kepada masyarakat khususnya kabupaten Cirebon yang membutuhkan.


"Saya berterima kasih atas program yang digulirkan dari BAZNAS Pusat untuk membantu masyarakat, khususnya kabupaten Cirebon lewat dana zakat, infak, dan sedekah yang produktif. Semoga program ini menjadi sarana kebangkitan ekonomi masyarakat Cirebon agar lebih sejahtera," ujarnya. 

Pelatihan ZChicken untuk kelompok ZChicken Kota dan Kabupaten Cirebon akan berlangsung pada 8-9 Desember 2022 dengan total penerima manfaat sebanyak 50 orang. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top