BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Indramayu)
- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu menjadi narasumber dalam segmen “Jawa Barat Hari Ini” pada Stasiun TVRI Jawa Barat dalam pembahasan UMKM Olahan Mangga di Kabupaten Indramayu, Minggu (9/4/2023).

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui perwakilan beberapa perangkat daerah menjadi salah satu pengisi acara pada segmen “Jawa Barat Hari Ini” pada tanggal 9 di setiap bulannya. 

Pada tanggal 9 April lalu, Plt Kepala Diskopdagin Indramayu, Ahmad Budiharto yang diwakili oleh Sekretaris Diskopdagin Kabupaten Indramayu, Didi Riyadi didampingi pula oleh Kepala Bidang Industri, Komaryadi dan Kepala Seksi Bidang Industri, Hani Handayani.

Pada acara tersebut, Sekdis Kopdagin, Didi menjelaskan data produksi buah mangga Kabupaten Indramayu pada tahun 2022 sampai akhir triwulan 3 mencapai 9.248,97 ton dengan luas lahan 24.029,82 Ha.


Menurutnya, pemerintah daerah sendiri saat ini terus mendorong bagaimana masyarakat bisa menggali potensi daerah khususnya buah Mangga menjadi barang atau produk olahan yang bernilai ekonomi.

“Dengan tingginya produksi mangga di Indramayu ini, pemda Indramayu melalu Diskopdagin sedang menggencarkan masyarakat untuk membuat inovasi dari buah mangga,” Ujarnya.

Selanjutnya, Didi juga menjelaskan peranan pemerintah Indramayu adalah memfasilitasi UKM/IKM dalam mencapai tujuan pengembangan usaha yang dimiliki.

“Sebagai fasilitator, pemerintah Indramayu melalui Diskopdagin, memfasilitasi dalam perizinan Kehalalan, PIRT, Hak Merek, Pemasaran Produk Melalui Pameran ataupun secara online, Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Digital Marketing, dan Pelatihan Teknik Produksi,” Jelasnya.


Selain itu dalam akhir acara, Didi juga berharap agar masyarakat dan pemerintah selalu berkolaborasi dalam mengembangkan UKM/IKM.

“Kami juga berharap, masyarakat dan Pemerintah daerah dapat bersama-sama berkolaborasi untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan UKM/IKM menjadi usaha yang Tangguh dan mandiri,” harapnya.  (iwan)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top