BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)
- Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023, Polres Cirebon Kota menggelar upacara yang dipimpin oleh Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu, SH.S.IK.MH. Upacara tersebut dilaksanakan di Mapolres Cirebon Kota, Jl. Veteran No. 05, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Senin (22.5.23)

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu, SH.S.IK.MH., juga membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika yang mengangkat tema "Ayo Bangkit Bersama" sebagai seruan untuk bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang telah melanda selama dua tahun terakhir.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tidak hanya menjadi seremonial semata. Melalui pemahaman sejarah Kebangkitan Nasional, kita dapat memahami esensinya. Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Saat itu, Indonesia menghadapi ancaman perpecahan golongan dan ideologi dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Kata  Ariek Indra Sentanu.


Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan dapat menjadi semangat dalam menyatukan kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. Sebagai organisasi pertama yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, Boedi Oetomo hadir untuk mengatasi ketertinggalan bangsa dari negara-negara lain. Organisasi ini menyatukan pergerakan yang sebelumnya bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan. Ujarnya.

Boedi Oetomo telah menetapkan tiga cita-cita penting bagi kebangkitan nasional, yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Dalam mengutip ucapan Dr. Sutomo, "Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga." Pungkas Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu, SH.S.IK.MH.,


AKBP Ariek Indra Sentanu, SH.S.IK.MH., selaku Irup (Inspektur Upacara), dan IPTU Edy Herjadi, selaku komandan Upacara KBO Sat Samapta, memimpin pasukan upacara yang terdiri dari Para PJU, Para PA, dan BA Polres Cirebon Kota. Tutup Kasi humas Polres Ciko Iptu Ngatidja, SH.MH.

Sumber : Humas Polres Cirebon Kota
Editor : Wandi

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top