Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)
- Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (HKN). Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis memimpin langsung upacara. Tampak hadir Forkompinda, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Staf Ahli, Para Asisten, sejumlah Kepala perangkat daerah, para Direktur BUMD serta Camat dan Lurah se Kota Cirebon.

Menurut H. Nashrudin Azis, ini merupakan momentum yang strategis untuk melakukan refleksi seraya menghayati peran para pendahulu visi dan pergerakan untuk mewujudkan mewujudkan Indonesia yang merdeka.

" 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan," ucapnya saat membacakan sambutan PLT Menteri Telekomunikasi dan Informatika RI.

Masih kata Wali Kota Cirebon, perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan berdirinya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908.

" Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur," terangnya kepada awak media, Senin (22/5/23).

H. Nashrudin Azis, memaparkan, Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yaitu, memerdekakan cita cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di dunia.

" Telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat,erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api dalam semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045," tuturnya.

Azis, melanjutkan Harkitnas dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademis,  pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa harus saling berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan untuk mewujudkan kebangkitan bangsa pada seluruh sektor pembangunan.

" Tentu, kita berharap agar seluruh capaian baik selama ini dapat kita pertahankan dan terus ditingkatkan semata - mata untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia," tandasnya.

Lebih lanjut Azis menjelaskan, Indonesia selama ini telah menunjukkan eksistensi dan peran strategisnya dalam berbagai forum internasional. Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid - 19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

" Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan semangat kebangkitan nasional sebagai lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi generasi penerus yang baik. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit," pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top