BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com ( Majalengka) - Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Majalengka menggelar Majalengka Berbicara (Mabar) episode ketiga yang mengusung tema " Sambut Hari Raya Idul fitri, Mudik dan Wisata di Majalengka Pasti Syahdu " , Rabu (3/4/2024).

Kegiatan yang dibuka langsung Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi, tersebut berlangsung di Gedung Yudha Karya Pemkab Majalengka.

Agenda Mabar kali ini menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Majalengka, Ida Heriyani, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Majalengka, Agus Tamim.

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi mengatakan lebaran untuk tahun ini diprediksi akan ada 193 juta orang bergerak untuk melakukan mudik.

Khususnya memasuki area tol Cipali yang bertemu dengan tol Cisumdawu akan menyebabkan kemacetan luar biasa terutama di wilayah Kabupaten Majalengka, maka saya mengajak para pemudik untuk mampir dulu ke Majalengka.

“Saya pengen mereka keluar dulu ke Majalengka menghilangkan kemacetan dan beristirahat, nikmati kuliner khas Majalengka, dan saya beritahukan bahwa tarif tol sama pas saat masuk kembali tidak ada penambahan biaya, ” Kata Dedi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( PUTR ) Kabupaten Majalengka, Agus Tamim menjelaskan bahwa pihaknya menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H telah memperbaiki ruas ruas jalan Kabupaten.

“Kesiapan PUTR dalam menyambut lebaran dengan ruas jalan 915,21 kilo yakni jalan dalam kondisi baik sebesar 89 persen dan jalan dalam kondisi kurang baik sebesar 11 persen yang tersebar se Kabupaten Majalengka, ” Kata Agus Tamim.

Lebih lanjut Agus mengatakan Dinas PUTR dengan 7 Unit Pelayanan Teknis ( UPT ) kebinamargaan, telah siap menghadapi momentum lebaran.
“Per bulan Januari 2024 kita sudah melakukan perbaikan jalan dengan program Unit Reaksi Cepat (URC) dan jalan dalam kondisi layak untuk dilalui pemudik, ” paparnya.

Kemudian kata dia, pada pada saat hari Raya Idul Fitri (H +2, maka akan terjadi lonjakan kendaraan menuju objek wisata, kita sudah antisipasi kolaborasi antara Disparbud dan Dinas PUTR .

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ( Disparbud ) Kabupaten Majalengka, Ida Heriyani mengatakan bahwa alhamdulillah aspek kunjungan ke Majalengka adanya BiJB semakin meningkat.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Majalengka, khususnya mengunjungi pariwisata Majalengka kita sudah siap menyambut wisatawan. Di Kabupaten Majalengka ada 186 objek wisata dan banyak objek wisata terpopuler yang wajib dikunjungi saat libur Lebaran, ” ungkapnya.

Pihaknya memastikan Pemkab Majalengka telah menyiapkan berbagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Majalengka pada momen libur Lebaran.

Kabupaten Majalengka terdapat tiga kawasan wisata strategis, di antaranya, wisata olahraga yang mencakup Paralayang, Gigili Rafting, tracking di taman-taman, dan lainnya.

Selain itu, wisata budaya yang mencakup wilayah Kecamatan Ligung, Jatiwangi, dan sekitarnya yang banyak menampilkan hasil kerajinan ekonomi kreatif masyarakat.

Kawasan wisata berikutnya ialah Kawasan Wisata Kawitwangi yang membentang dari Kecamatan Sindangwangi hingga Argapura, dan menyajikan wisata alam dari mulai curug, buper, serta lainnya.

"Kawasan wisata Kawitwangi ini menampilkan destinasi wisata unggulan dari mulai Ciboer Pass, Panyaweuyan, Curug Cipeuteuy, Talaga Herang, dan lainnya," ujar Ida Heriyani.

Ia menyampaikan, seluruh potensi wisata tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Majalengka terutama pada momen libur Lebaran.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekda Majalengka Eman Suherman, Para Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gatot Sulaeman.

Editor : Ade Peayitno

( Rilis Diskominfo Majalengka )
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top