E satu.com (Majalengka) - Dalam upaya mendekatkan diri kepada masyarakat serta mendengar langsung aspirasi warga, Polsek Bantarujeg, Polda Jabar menggelar acara 'Jumat Curhat' di Majlis Taklim Alfiqih, Desa Bantarujeg, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka. Acara ini dihadiri oleh aparat pemerintah desa dan warga setempat dengan harapan dapat menjadikan Polri yang Presisi semakin dekat dengan masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.Jumat (24/5/2024).

Acara ini menjadi sarana bagi warga untuk menyampaikan berbagai masukan, saran, dan keluhan. Salah satu isu yang dibahas adalah kekhawatiran warga terhadap kehadiran Bank Emok atau rentenir di lingkungan mereka. Warga khawatir bahwa kehadiran rentenir akan menimbulkan konflik sosial baik dalam keluarga maupun antar warga. Kekhawatiran ini muncul dari informasi yang beredar di media sosial serta pengalaman yang pernah terjadi sebelumnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolsek Bantarujeg AKP Dodo Haryanto menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. "Kepolisian mengingatkan agar masyarakat, terutama para ibu dan bapak, berpikir matang sebelum meminjam uang. Perhatikan legalitas bank, pastikan terdaftar di OJK, dan pahami perjanjian yang ada. Jika masyarakat menolak kehadiran Bank Emok, sampaikan dengan cara yang humanis agar tidak menimbulkan pelanggaran hukum seperti kekerasan," ujar AKP Dodo Haryanto sambil bersenda gurau untuk menambah keakraban.

Selain itu, topik tentang geng motor yang kerap viral di media sosial dan televisi juga dibahas dalam acara ini. Kapolsek menekankan pentingnya doa dan dukungan orang tua untuk memastikan anak-anak mereka tidak terlibat dalam kegiatan negatif seperti geng motor, penyalahgunaan narkoba, dan kenakalan remaja lainnya. Penertiban knalpot brong yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan serta pengendara pelanggar lalu lintas juga akan terus dilakukan oleh jajaran Polsek Bantarujeg.

Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR melalui AKP Dodo Haryanto menyampaikan bahwa peran serta masyarakat sangat besar dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. "Melalui kegiatan Jumat Curhat ini, insyaallah setiap ada permasalahan dapat terselesaikan dengan baik karena menjunjung tinggi musyawarah mufakat," jelas AKP Dodo Haryanto.

"Jangan mudah tersulut emosi jika menemukan pelaku kejahatan atau hal yang dapat menimbulkan pelanggaran hukum. Segera laporkan ke pihak Kepolisian (Polsek Bantarujeg) termasuk kepada para Bhabinkamtibmas. Jangan main hakim sendiri, kita bersama menjunjung supremasi hukum dan hak asasi manusia," tambah Kapolsek Bantarujeg.

Dengan adanya acara ini, diharapkan Polri dapat terus hadir di tengah-tengah masyarakat, mendengar, dan merespon setiap aspirasi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai.

#jumatcurhatpresisi
@Listiosigitprabowo
@Spripim.polri
@Divisihumaspolri


Sumber : Humas Polres Majalengka

editor : Ade Prayitno
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top