BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com -  Kota Cirebon - Pemerintah kota Cirebon melalui Dinas Kesehatan Kota Cirebon menyelenggarakan kegiatan bhakti kesehatan kepada masyarakat  yang salah satunya adalah kegiatan sunatan  Massal yang diikuti oleh 70 anak dari keluarga tidak mampu, Rabu (23/8). kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.tahun 2017
"Khitanan massal untuk masyarakat tidak mampu ini selalu dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Kesehatan, dan merupakan bagian dari rangkaian  acara peringatan HUT RI," seperti diungkapkan oleh  Kabid Pelayanan dan SDK Dinkes Kota Cirebon, Drg. Zulfikar HR.
Pelaksanaan khitanan massal menyasar anak-anak dari keluarga tidak mampu dari seluruh kelurahan di Kota Cirebon yang diajukan melalui puskesmas setempat. “ target Kami memang  anak-anak dari keluarga tidak mampu.
Mereka di data oleh masing-masing puskesmas, baik oleh kader maupun petugas binwil puskesmas di 22 kelurahan, lalu dikumpulkan. Dan Alhamdulillah tercapai target 70 anak,” jelasnya
Dalam pelaksanaan khitanan massal ini terdapat 5 meja operasi. Setiap mejanya ada 1 orang dokter dan 1 orang perawat. Para peserta setelah dikhitan diberikan paket nasi kuning dan ayam bekakak yang dibawa pulang untuk syukuran di rumah.
“Juga diberikan paket baju koko, tas dan buku sekolah. Semua peserta yang dikhitan akan mendapatkan bantuan ” tambah Zulfikar.
Selain khitanan massal, momen 17 Agustusan ini juga diisi dengan kegiatan operasi katarak yang akan dilaksanakan pada bulan September 2017 nanti di UPTD Kesus Dinkes Kota Cirebon. Sasaran operasi katarak adalah pasien-pasien yang terindikasi katarak, yang biasanya kebanyakan adalah lansia.
Sebelum pelaksanaan operasi katarak, akan dilakukan screening, pemeriksaan kataraknya untuk mengetahui apakah sudah bisa dioperasi atau belum
 “Operasi katarak kami bekerjasama dengan Balai Kesehatan Mata Provinsi Jawa Barat. Operasi katarak ini sasaran kami 30 mata. Untuk operasi katarak ini memang sasarannya lansia,” katanya
Dinas Kesehatan Kota Cirebon juga telah melaksanakan pengobatan gratis di 5 titik lokasi wilayah Kota Cirebon. Kelima lokasi itu yakni RW 07 Kelurahan Pulasaren, RW 10 Kel Panjunan, RW 10 dan RW Kedung Jumbleng, serta RW 01 Kel. Kebon Baru.
Target sasaran per lokasinya adalah 250 pasien. Kegiatan Pengobatan gratis tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 11-15 Agustus 2017 lalu dan untuk tahun depan pelaksanaan kegiatan ini akan di tingkatkan lagi dalam melayani kesehatan masyarakat. ( PGH)


Baca Juga

Post A Comment:

Back To Top