E satu.com (Majalengka) -
Seiring melonjaknya kasus Covid 19, warga mulai kesulitan mendapatkan oksigen. Kondisi terjepit itu, menjadi inspirasi bagi seorang polisi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Agus Romy sukses menghadirkan alat bantu pernafasan bagi warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid 19 dan menjalani isolasi mandiri. Keberhasilan anggota Polri yang bertugas di Polsek Talaga, Polres Majalengka itu pun berawal dari keterdesakan yang dialami keluarganya.

Kepada MNC Portal Indonesia (MPI), anggota Polri berpangkat AKP itu menceritakan, alat bantu pernafasan buatannya berawal saat keluarganya dinyatakan positif covid 19. Dalam waktu bersamaan, dirinya mengalami kesulitan untuk mencari oksigen.

“Awalnya saat ibu dan anak saya positif Covid 19 kemudian saat itu saya kehabisan oksigen. Saya dapat oksigen, tapi untuk isi ulang habis. Saya kebingungan, sampai menangis, seakan saya putus asa,” kata dia, Senin (5/7/2021).

Penemuan alat bantu pernafasan sendiri dilakukannya ‘secara tidak sengaja. Aerator yang ada di kolam ikan, menjadi awal dari kebahagiaan Agus, di tengah kesedihan lantaran anak dan ibunya berstatus positif dan sulit mendapat oksigen.

“Saya lihat kolam ikan yang pakai Aerator itu dan saya rasa Aerator itu mengeluarkan udara, 02. Kemudian berinisiatif, liat-liat literatur di internet, liat juga bahayanya. Saya pertimbangkan. Maka dari itu saya pakai air untuk memfilter kalau ada debu atau apa yang keluar dari aerator. Dari sanalah akhirnya saya bikin alat bantu ini,” kata Agus.

Kini, ‘karya’ temuannya tidak hanya bermanfaat bagi keluarganya saja. Tidak sedikit warga di Kecamatan Talaga yang juga merasakan manfaat buah karya dari sang polisi itu. “Banyak yang minta saran, jadi saya berbagi ilmu aja. Memang bukan medis, tapi saya punya pengalaman yang saya alami sendiri,” ujar dia.

Untuk membuat alat bantu pernapasan sederhana itu, jelas dia, tidak membutuhkan modal yang banyak. Pasalnya, beberapa barang bisa menggunakan ‘limbah,’ yang ada di rumah. Modal yang dibutuhkan untuk membuat alat pernapasan itu di antaranya untuk membeli Aerator dan Selang. “Selang beli 1 meter Rp5 rebu. Botol bisa menggunakan bekas air mineral,” jelas dia. (uki)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top