BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)
- Dalam rangka menyambut Tahun Baru  Imlek 2573, PT KAI (Persero) Daop 3 Cirebon membuat inovasi baru guna meningkatkan kenyamanan bagi para penumpang Kereta Api, yaitu dengan menghadirkan suasana pedesaan melalui fasilitas taman indoor yang dibangun di Hall Lobby Stasiun Cirebon. Kegiatan ini merupakan komitmen PT KAI Daop 3 Cirebon dalam  turut menyukseskan program BUMN Hijaukan Indonesia.

"Dalam semarak Libur Imlek ini, salah satu fasilitas yang terbaru dihadirkan di Stasiun Cirebon yakni ruang tunggu dengan suasana alam yang instagramable. Diharapkan dengan adanya fasilitas tersebut, dapat dimanfaatkan bagi para penumpang untuk berswaphoto," ujar Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.

Selain tanaman hidup, terdapat kolam kecil serta beberapa tempat duduk penumpang yang bisa dimanfaatkan untuk menunggu keberangkatan KA. Para pelanggan juga bisa melakukan foto selfie atau mengabadikan momen saat menunggu keberangkatan KA di taman tersebut.


"Kegiatan penghijauan stasiun dengan cara penanaman pohon secara outdoor sudah dilakukan di 30 stasiun wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, dari stasiun kelas besar hingga stasiun kelas kecil. Untuk progres tamanisasi indoor untuk tahap awal, baru dilakukan di Stasiun Cirebon dan kemudian akan berlanjut ke stasiun lainnya," Jelas Suprapto.

Lanjut Suprapto, hal ini merupakan wujud keselarasan pembangunan infrastruktur yang tetap mendukung pelestarian, konservasi, dan menjaga ekosistem lingkungan setempat. Selain untuk mendukung program BUMN hijaukan Indonesia, Konsep ramah lingkungan melalui penghijauan dapat menjadikan udara lebih baik dan bersih, mengurangi dampak dari pemanasan global serta menyerap berbagai polusi udara.

Pada masa liburan Tahun Baru Imlek 2573, PT KAI Daop 3 Cirebon tetap menyelenggarakan pelayanan transportasi kereta api dengan menerapakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tercatat pada masa libur ini, terdapat 85 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dengan tujuan ke berbagai Kota di wilayah Pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Jogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Purwokerto, Jember dan Banyuwangi.


Jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon pada masa Libur Imlek ini masih terbilang stabil dibandingkan dengan hari – hari biasa. 

Berikut jumlah penumpang naik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon (berdasarkan data tanggal 31 Januari 2022, pukul 09:00 WIB) , sebagai berikut :

1. Tanggal 28 Januari 2022 : 1.914 orang.
2. Tanggal 29 Januari 2022 : 1.979 orang.
3. Tanggal 30 Januari 2022 : 2.510 orang.
4. Tanggal 31 Januari 2022 : 1.114 orang (data sementara).
5. Tanggal 1 Febuari 2022 : 1.112 orang (data sementara) .
6.Tanggal 2 Februari 2022 : 529 orang (data sementara).

“Kami terus menghimbau kepada para pelanggan kereta api agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Terhitung sejak 3 Januari 2022, persyaratan naik kereta api kembali menggunakan aturan yang tertuang dalam SE Kemenhub RI No:97/2021, setelah masa berlaku SE Kemenhub No: 112/2021 berakhir pada tanggal 2 Januari 2022,” Tutup Suprapto.


Info selengkapnya terkait jadwal perjalanan KA,  jadwal pelayanan tes rapid antigen di stasiun, vaksin, dan syarat naik KA pada masa pandemi, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.(pgh)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top