BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang


E satu.com (Cirebon)
- Guna menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) Representative Office 2 Ruas Palimanan-Kanci selaku pengelola Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) melakukan peningkatan kualitas layanan Jalan Tol Palikanci di 4 bidang. 

General Manager Representative Office 2 Ruas Palimanan-Kanci, Nasrullah menjelaskan 4 bidang pelayanan yang telah dilakukan. “Selain untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang dipersyaratkan dalam pengelolaan Badan Usaha Jalan Tol, kami telah melakukan pemeliharaan dan peningkatan layanan pada bidang konstruksi, transaksi, lalu lintas dan tempat istirahat,” ujarnya.

Pada bidang layanan konstruksi, JTT  telah melakukan perbaikan jalan secara rutin dan perawatan drainase, pemotongan rumput dan pemeliharaan sarana pelengkap jalan, coating atau lapis ulang Median Concrette Barrier (MCB) dan parapet yang dilakukan pada dua sisi ruas dengan total volume 12.527 m2, coating Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dengan total volume 5.162 m2, coating guardrail dengan total volume 28.302 m2 dan juga telah melakukan pengecatan ulang marka pudar dengan total volume 2.734 m2.

Kemudian di bidang layanan transaksi, Jalan Tol Palikanci menyediakan 7 gerbang tol sebagai akses masuk di wilayah Palimanan hingga Kanci dan sekitarnya. Ketujuh gerbang tol tersebut yaitu Gerbang Tol (GT) Palimanan 3, GT Palimanan 4, GT Plumbon 1, GT Plumbon 2, GT Ciperna Barat, GT  Ciperna Timur dan  GT Kanci. Seluruh gerbang tol tersebut menggunakan sistem transaksi tertutup non tunai yang terintegrasi dengan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang Batang. 

Jalan tol ini mempunyai 29 gardu operasi untuk mendukung transaksi, menyediakan 3 layanan top-up tunai di GT Kanci, GT Plumbon 1 dan GT Palimanan 4, menyiapkan 15 unit Mobile Reader untuk mempercepat transaksi, dan pemasangan 13 unit Variable Message Sign (VMS) gardu.

Guna memberikan pelayanan lalu lintas yang optimal kepada pengguna jalan tol, PT JTT Representative Office 2 Ruas Palikanci menyiapkan armada pelayanan operasional yaitu 3 unit Kendaraan Mobile Customer Service, 1 unit Ambulans, 3 unit Derek, 1 unit Rescue,  1 unit Patroli Keamanan dan Ketertiban, 3 unit Watertank dan 3 unit Patroli Jalan Raya. Di bidang layanan ini juga didukung dengan layanan informasi realtime yang berguna untuk melihat kondisi lalu lintas terkini pada Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci. Selain itu, di ruas ini telah terpasang 11 VMS lajur, 2 unit Mobile VMS pada kendaraan Mobile Customer Service dan 53 buah CCTV lajur.


PT Jasamarga Transjawa Tol Representative Office 2 Ruas Palikanci juga melakukan peningkatan layanan pada Tempat Istirahat/Rest Area.  Di jalan tol ini terdapat 2 buah rest area yang berada di KM 207 A dan KM 208 B.  Untuk Rest Area KM 207 A, memiliki fasilitas bilik toilet gratis sebanyak 44 buah toilet pria, 25 buah toilet urinoir, 36 buah toilet wanita dan 4 buah toilet difabel, tempat parkir dengan kapasitas sebanyak 600 kendaraan kecil, 80 kendaraan besar dan 2 kendaraan khusus difabel. Fasilitas lainnya yaitu tempat ibadah, SPBU, SPBE serta tempat kuliner dan tenant Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang lengkap agar pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman. Sedangkan di Rest Area KM 208 B mempunyai fasilitas bilik toilet gratis sebanyak 11 buah toilet pria, 12 buah toilet urinoir dan 13 buah toilet wanita, terdapat tempat parkir dengan kapasitas 200 kendaraan kecil dan 80 kendaraan besar, tempat ibadah, SPBU, SPBE  serta tempat kuliner dan UMKM.

Jalan Tol Palimanan-Kanci yang membentang sepanjang 26,3 Km ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa. Jalan tol ini menjadi urat nadi transportasi jalur Pantai Utara sekaligus menjadi jalur penggerak ekonomi di daerah Cirebon dan sekitarnya. Dengan adanya jalan tol ini, waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat dan biaya operasional kendaraan menjadi lebih hemat. (pgh) 
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top