BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)
- Berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 105 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2022 Menganugerahkan Lencana Desa Mandiri serta Keputusan No/086/KPG0206/2022 tentang Pemberian Piagam Penghargaan.

Menteri Desa, PDTT Republik Indonesia Dr. ( HC ) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, memberikan penghargaan kepada kepala desa atau kuwu salah satunya di Kabupaten Cirebon yang telah berhasil beralih status menjadi Desa Mandiri, senin ( 18/10/22 )

Menurutnya pemberian piagam penghargaan dan penganugerahan lencana Desa Mandiri dari hasil pengukuran Indeks Desa Membangun ( IDM ) Kemendes PDTT " selain mendapatkan penghargaan juga diberikan lencana yang disematkan pada baju dinas kepala desa atau kuwu sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya membangun desa " tegasnya.

Ditambahkannya maksud dan tujuan pemberian penghargaan dan penganugerahan lencana Desa Mandiri ini supaya memicu kepada desa desa lain sekaligus memberikan informasi kepada warga bahwa desanya sudah mandiri karena lencana dipakai untuk atributisasi kepala desa atau kuwu yang berhasil dan dipakai setiap hari, ucap Abdul Halim Iskandar.

Desa Mandiri atau biasa juga disebut sebagai desa sembada yaitu desa maju yang memiki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan, terangnya.

Menurut Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, dalam pembangunan desa meliputi pemenuhan 4 aspek yaitu kebutuhan dasar yang mencukupi misalnya infrastruktur yang memadai, aksebilitas atau transfortasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik, lalu pelayanan dasar dan lingkungan serta kegiatan pemberdayaan masyarakat desa " Desa Mandiri adalah desa yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Desa ( IPD ) nya lebih dari 75 " tutup Menteri PDTT Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar. (wnd)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top