AKB


E satu.com (Cirebon)
- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cirebon meresmikan RW 05 Kebonkelapa Timur, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Janur Kuning.

Kampung KB Janur Kuning akan menjadi tempat bagi perangkat daerah di Kota Cirebon menjalankan program pengendalian penduduk, kesehatan reproduksi dan ketahanan keluarga bersama masyarakat setempat. 



“Bersama-sama mewujudkan Kampung KB yang berdaya saing dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai peresmian di Baperkam RW 05 Kebonkelapa Timur, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kamis (24/11/2022).

Kampung KB Janur Kuning, kata Eti, membutuhkan intervensi program dari perangkat daerah terkait, bukan hanya DP3APPKB. Intervensi ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, dan perangkat daerah lain bisa menjalankan program di Kampung KB tersebut,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala DP3APPKB Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno, A.P. M.Si., mengungkapkan, Kampung KB Janur Kuning sebagai wadah bagi perangkat daerah untuk mengintervensi program, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Perangkat daerah bisa menjalankan program seperti pencegahan gizi buruk oleh Dinkes, rumah tidak layak huni oleh DPRKP dan intervensi program lain oleh perangkat daerah terkait lainnya,” ungkap Budi.

Setelah diresmikan, Kampung KB bisa langsung menjalankan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Seperti bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bisa keluarga lansia.


“Program Bangga Kencana bisa langsung berjalan dengan dibantu pengurus Kampung KB dan tim pendamping keluarga,” tuturnya.

Pihaknya juga telah merampungkan pemutakhiran data keluarga. Data ini nantinya akan menjadi rujukan bagi perangkat daerah dalam menjalankan program pada 2023 mendatang. Sehingga program yang berjalan terarah dan tepat sasaran. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top