AKB

cukai

cukai juga



E satu.com (Cirebon)
- Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Cirebon kembali meraih penghargaan. Kali ini, predikat Kabupaten Informatif berhasil diraih dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tingkat Jawa Barat 2022 yang diselenggarakan Komisi Informasi Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Kamis (8/12/2022) kemarin.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum didampingi Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Ijang Faisal kepada Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan. 

Nampak pula mendampingi Kadiskominfo, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Deti Sri Aprianti, Pranata Humas Sub Koordinator Informasi Publik Tri Paribani, serta jajaran Komisi Informasi Daerah Kabupaten Cirebon.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat atas kerja kerasnya yang telah melakukan E-monev Keterbukaan Informasi Publik terhadap seluruh OPD Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. 

Dikatakan Uu, Keterbukaan Informasi Publik saat ini di era digitalisasi, mengingat dunia hari ini sudah bersifat terbuka dalam segala hal. Sudah tidak layak sebuah kelembagaan yang bersifat umum ataupun pelayanan publik menutup diri ataupun tidak terbuka.

“Karena itu, saya dan Gubernur Jawa Barat selalu mengingatkan kepada para Kepala Daerah agar setiap kegiatan harus disampaikan kepada publik, baik itu anggaran dan yang lainnya. Agar segala sesuatunya terbuka dan transparan kepada masyarakat, karena hal tersebut akan menenangkan kita dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan," papar Uu.

Ditambahkan Uu, saat ini keterbukaan informasi menjadi energi yang mampu mengakselerasi proses pencerdasan bangsa dan memperoleh berbagai perubahan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Sehingga, keterbukaan akan menjadi peran utama pada publik dalam melayani masyarakat. Dan keterbukaan informasi publik melalui media adalah bagian dari rangka mewujudkan peningkatan kepercayaan dan dukungan terhadap pemerintah.

“Hal ini, dikarenakan pemerintah demokrasi yang baik adalah pemerintah yang dipercaya oleh rakyat. Dan salah satu indikatornya adalah dengan menjalankan pemerintahan terbuka dan akuntabel, seperti visi misi Gubernur Jawa Barat. Yakni, terwujudnya masyarakat Jawa Barat yang maju, cerdas, partisipatif dan kepribadian Pancasila dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah daerah yang baik, bersih, transparan dan akuntabel untuk menggapai Jawa Barat Juara lahir dan batin,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron didampingi Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan menyampaikan Kabupaten Cirebon baru pertama kali mendapat penghargaan dalam E- monev Keterbukaan Informasi Publik sebagai Kabupaten Informatif Tingkat Jawa Barat tahun 2022.

“Ucapan terimakasih tentunya kami ucapkan kepada seluruh Perangkat Daerah, serta jajaran Komisi Informasi Derah Kabupaten Cirebon. Berkat kerjasama yang selalu diberikan dari segi pelayanan, pemberian informasi kepada publik dan lainnya, sehingga Kabupaten Cirebon dapat meraih penghargaan ini," ujar Imron. (Heri)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top