BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Indramayu) -
Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina., SH., MH., CRA., turut menyaksikan acara penandatanganan kerjasama antara Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu dengan PT. Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra, Indramayu, Kamis (15/12/2022).

Selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumdam Tirta Darma Ayu, Bupati Nina memberikan apresiasi atas adanya kerjasama antara BUMN dan BUMD tersebut.

“Kegiatan pada hari ini merupakan salah satu wujud kolaborasi antara BUMN dan BUMD dalam kerjasama sistem penyediaan air minum yang merupakan langkah strategis dalam mendukung bussines sustainability antara kedua badan usaha,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan.

Adapun kerjasama yang dilakukan yaitu kerjasama jual beli air bersih yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian oleh General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian dengan Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan.


Menurut Bupati Nina, kerjasama jual beli air bersih ini juga turut memiliki benefit, di antaranya meningkatkan pendapatan penjualan air Perumdam Tirta Darma Ayu setiap bulannya, menambah mitra strategis BUMN sebagai solusi pelapis agency problem, dan meningkatkan profesionalisme pelayanan air minum  utamanya tuntutan kerberlangsungan kualitas pelayanan air minum.

“Sinergi ini semoga tetap terjaga dan semakin meningkat menuju Indramayu yang lebih baik dan bermartabat”, ungkap Bupati Nina

Sementara itu, Diandoro Arifian menyampaikan, sebelumnya kebutuhan air untuk area Kilang Pertamina Balongan dan komplek perumahan disupplay melalui unit Utilities milik RU VI di Salamdarma Subang yang berjarak sekitar 60 KM.

Namun, tambahnya, dengan kerja sama ini, kini kebutuhan air untuk area perumahan telah disupplay dari Perumdam Tirta Darma Ayu, sedangkan untuk kebutuhan operasional Kilang tetap melalui Unit Utilities di Salamdarma Subang


“Kerjasama ini  merupakan langkah strategis dalam mendukung bisnis sustainability Pertamina maupun Perumdam Tirta Darma Ayu”, tegas Diandoro.

Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan air baku yang dialirkan untuk PT KPI Unit Balongan berasal dari Kuningan yang memiliki kualitas air yang bersih.

“Jadi karena sumber air baku dari Kuningan ini sumbernya sudah bersih, maka akan minim pengolahan, tinggal sedikit treatment sederhana dan bisa digunakan”, kata Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan.

Pada tahap pertama implementasi kerjasama ini, Perumahan Pertamina Bumi Patra akan mendapat pasokan air bersih sebesar 20 meter kubik perjam, dan akan mengalami peningkatan pada kuartal satu tahun 2023 nanti menjadi 70 meter kubik perjam.(iwan)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top