AKB

cukai

cukai juga



E satu.com (Cirebon) - 
Ribuan masyarakat antusias mengikuti jalan santai bertajuk ‘Jalan Sehati Berbatik, Selasar Gunung Jati’, Minggu (11/12/2022). Jalan santai ini merupakan bagian rangkaian Cirebon Batik Festival 2022.

Para peserta jalan santai menempuh rute dari titik start di depan Balai Kota Cirebon menuju Jalan Siliwangi, Jalan Bahagia, Jalan Sisingamangaraja dan finish di Jalan Ambon, kawasan Pelabuhan Cirebon. 

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj.  Eti Herawati mengatakan, ‘Jalan Sehati Berbatik, Selasar Gunung Jati’ dalam rangka kampanye gemar berbusana batik kepada masyarakat. Mengingat, batik merupakan warisan budaya Nusantara yang harus terus dilestarikan.

“Ini bentuk upaya pemerintah daerah melestarikan batik. Apalagi di Kota Cirebon ada kampung batik Kriyan dengan ciri khas batik yang berasal dari pewarna alami,” kata Eti, di sela-sela acara tersebut.

Bukan hanya itu, Pemda Kota Cirebon mengajak masyarakat gemar menerapkan perilaki hidup sehat. Salah satunya dengan berolahraga

“Kami kemas menjadi satu antara kampanye berbusana batik dan berolahraga. Semoga kedua hal terebut bisa dijaga dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya. 


Pemda Kota Cirebon mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat yang mengikuti ‘Jalan Sehati Berbatik, Selasar Gunung Jati’. Menurut Eti, hal ini membuktikan bahwa masyarakat bangga dan cinta memakai busana batik.

“Luar biasa antusiasme dari masyarakat. Kami berharap batik tetap lestari dan tidak punah ditelan zaman,” katanya.

Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk komitmen Pemda Kota Cirebon melestarikan batik. Eti mengajak masyarakat bersama-sama melestarikan salah satu warisan budaya Nusantara yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Pedagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman, S.IP., M.Si., mengatakan, Cirebon Batik Festival 2022 diisi dengan berbagai kegiatan. Sejumlah kegiatan yang masih berlangsung di antaranya, pameran batik nusantara dan pameran UMKM.


“Pameran batik nusantara dan pameran UMKM berlangsung sampai tanggal 12 Desember 2022 bertempat di Transmart Cirebon,” tuturnya. 

Kemudian pada 12 Desember 2022, akan ada agenda peresmian Taman Pedati Gede di kawasan gedung British American Tobacco (BAT) dan Mal UKM di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo.

‘Jalan Sehati Berbatik, Selasar Gunung Jati’ terselenggara berkat kolaborasi Pemda Kota Cirebon dengan Radar Cirebon Grup. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top