BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Jakarta) -
Dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik pada momen mudik lebaran 1445 H, Astra Infra mempersiapkan berbagai upaya. Salah satunya melalui penerapan diskon tarif yang diberikan kepada pengguna jalan tol, untuk menstimulus penguraian arus mudik dan balik yang berpotensi mengalami kepadatan pada hari-hari tertentu. Pada arus mudik dan balik lebaran 2024, Astra Infra menerapkan diskon tarif di ruas tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto. Pemberian diskon tarif tol ini merupakan hasil kajian yang telah dikoordinasikan dengan pihak terkait termasuk Asosiasi Tol Indonesia (ATI).

“Diskon tarif kami berlakukan sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jalan yang melakukan perjalanan lebih awal menghindari puncak arus. Kami berharap upaya ini dapat membantu mengurai kepadatan di puncak arus, yang tentunya akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak memberikan diskon 10% kepada pengguna jalan yang melakukan perjalanan mudik lebih awal menuju Merak. Diskon tersebut berlaku selama 4 hari pada 1 April 2024, pukul 00.00 WIB s.d 2 April 2024, pukul 24.00 WIB dan tanggal 17 April 2024, pukul 00.00 WIB s.d 18 April 2024, pukul 24.00 WIB. Diskon berlaku bagi kendaraan gol. 1 (kendaraan penumpang), dengan jarak terjauh dari Gerbang Tol Cikupa sampai Gerbang Tol Merak, begitupun sebaliknya. 

Pemberian diskon di ruas Tol Tangerang - Merak diberikan pada waktu tersebut mengingat prediksi puncak arus ke arah Pulau Sumatera yang diperkirakan akan terjadi pada Rabu, 3 April 2024, lebih awal dari puncak arus di Transjawa.

Sementara itu, Astra Infra Tollroad Cikopo - Palimanan memberlakukan diskon tarif tol sebesar 10% kepada pengguna jalan yang melintas pada tanggal 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB (arus mudik), dan tanggal 18 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 20 April 2024 pukul 05.00 WIB (arus balik).

Diskon diberikan khusus untuk kendaraan golongan I yang melintasi Tol Cikopo - Palimanan secara menerus (barrier to barrier) dan untuk transaksi tol dengan saldo cukup. Diskon tersebut diberikan untuk mengurangi potensi kepadatanpuncak arus di ruas Tol Cikopo - Palimanan yang diprediksi akan terjadi pada Sabtu, 6 April 2024.

Di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, diskon tarif 10% diberlakukan pada 3 April 2024 pukul 06.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 06.00 WIB dan 18 April 2024 pukul 06.00 WIB hingga 20 April 2024 pukul 06.00 WIB. Diskon diberikan untuk kendaraan golongan I yang berkendara melalui Tol Jombang - Mojokerto secara menerus.

Pemberlakukan diskon diharapkan dapat mengurangi potensi kepadatan puncak arus di Tol Jombang - Mojokerto yang diprediksi akan terjadi pada Senin, 8 April 2024.

Selain pemberlakuan diskon tarif, Astra Infra telah melakukan berbagai antisipasi untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, antara lain dengan mempersiapkan manajemen lalu lintas di jalur maupun jalan akses yang berpotensi mengalami kepadatan, rencana rekayasa lalu lintas berkoordinasi dengan kepolisian, mekanisme delaying system di rest area, hingga koordinasi dengan pihak - pihak terkait lainnya.

Untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan menghindari perjalanan pada periode yang diprediksi menjadi puncak arus.

Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol,untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Sebagai antisipasi tambahan, pemudik juga dapat membawa pembekalan secukupnya. (Wandi)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top